SEMARANG – Kepala KPPBC TMP Tanjung Emas, Tjertja Karja Adil mengunjungi salah satu pabrik sepeda di Semarang yakni PT Roda Pasifik Mandiri pada Hari Jum’at, 8 Desember 2017. Pabrik yang berlokasi di Terboyo Wetan, Genuk, Semarang tersebut merupakan suatu pabrik yang mendapatkan sebagian bahan bakunya dengan importasi.

Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk mengetahui proses produksi sepeda dari awal sampai akhir. PT Roda Pasifik Mandiri pernah termasuk salah satu importir berisiko tinggi. Oleh karena itu, Tjertja bermaksud untuk meninjau pabrik tersebut.

Selain peninjauan dan pemahaman proses produksi, Tjertja juga berdiskusi dengan PT Roda Pasifik Mandiri terkait fasilitas-fasilitas apa saja yang dapat digunakan untuk mempermudah proses produksi. Hal ini dilakukan karena salah satu fungsi utama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai adalah trade facilitator, yang mana fungsi tersebut berarti DJBC menyediakan fasilitas-fasilitas untuk menunjang industri dalam negeri sehingga mampu bersaing dengan industri luar negeri.