Bea Buzz merupakan program yang dicanangkan KPPBC TMP Tanjung Emas dalam memperkenalkan Bea Cukai kepada para siswa sekolah menengah atas di Provinsi Jawa Tengah. Setelah SMA N 1 Demak yang pada pekan lalu telah mendapatkan kunjungan dari tim Bea Buzz, kini giliran SMA N 1 Semarang yang mendapat kesempatan itu.

Jumat pagi, 10 Maret 2017 rombongan tim Bea Buzz sudah siap di aula SMA N 1 Semarang untuk memberikan penyuluhan tentang kepabeanan dan cukai kepada peserta sejumlah 80 siswa.  Tepat pukul 09.00 WIB, acara dibuka dengan pertunjukan K-9 oleh Tim dari Kanwil DJBC Jawa tengah dan D.I. Yogyakarta.

Acara dipandu oleh Hilman Nuzzy Al Mustaqim dan Aprilia Putri Kartikaningsih sebagai Master of Ceremony (MC) dan secara resmi dibuka di oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Ibu Agustine, di aula SMA N 1 Semarang. Dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC TMP tanjung Emas, Bapak Heru Purwedi Sembiring.

Materi yang disampaikan masih sama dengan season sebelumnya yaitu tugas pokok dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Hal ini penting untuk disampaikan mengingat masih banyak siswa yang awam dengan instansi Bea Cukai. Materi pembuka ini disampaikan oleh Ahmad Rinaldi.

Sebelum beranjak ke materi selanjutnya, Rianto Hafizh dan Tsaqifa Nafanti Azka Funanda, tim dari radio streaming bctemas.fm, memberikan penyegaran melalui game ringan yang menambah semangat para peserta.

 

Materi selanjutnya yaitu Barang Kiriman Pos dan Barang Bawaan Penumpang disampaikan oleh Wahyu Santoso, salah satu Staff PLI KPPBC TMP Tanjung Emas. Materi ini juga penting diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia mengingat pada jaman sekarang ini, transaksi lintas negara sangat mungkin dilakukan bahkan oleh siswa SMA.

Acara ditutup dengan tanya jawab yang dipandu langusng oleh Bapak Heru Purwedi Sembiring. Pertanyaan mayoritas berkaitan dnegan penerimaan Bea Cukai. Hal ini menunjukkan ketertarikan para peserta untuk bergabung dalam keluarga besar Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.