Semarang (14/08/2019) – Kabupaten Pati terkenal dengan daerah yang menjadi salah satu penyumbang Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Untuk memberikan pemahaman tentang aturan Bea Cukai yang berkaitan erat dengan aktivitas para TKI ini, Bea Cukai Tanjung Emas melaksanakan sosialisasi kepada seratus calon TKI di PT. Pelita Karya Juhari pada Hari Rabu, 14 Agustus 2019.Sebagai bentuk pelayanan Bea Cukai terhadap masyarakat, Bea Cukai Tanjung Emas menjelaskan hal yang berkaitan dengan aktivitas TKI terkait Barang Kiriman dan Barang Bawaaan Penumpang. Hal ini dilakukan agar calon TKI mengenal tugas dan fungsi Bea Cukai.

“Saya pernah membawa buah-buahan ke luar negeri, tapi kenapa di negara tujuan disita ya pak?” Tanya salah seorang peserta sosialisasi.

Kepala Seksi Heru Purwedi Sembiring menjelaskan bahwa ketika akan pergi ke suatu negara, kita perlu mengetahui peraturan di negara tersebut, bisa jadi buah-buahan disita untuk diperiksa oleh petugas karantina di negara tujuan.“Terdapat beberapa perbedaan peraturan antara negara satu dengan negara lain, oleh karena itu penting bagi calon TKI mengetahui peraturan di negara tujuan agar barang yang dibawa tidak menyalahi aturan di negara tujuan,” Jelas Heru.Dalam kesempatan ini, Heru dan tim menjelaskan ruang lingkup pengawasan Bea Cukai terutama untuk barang-barang yang akan dimasukkan ke Indonesia melalui barang kiriman ataupun barang bawaan penumpang serta menekankan bahwa peraturan pembawaan barang bawaan penumpang di negara tujuan berbeda-beda.