SEMARANG – Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta mengunjungi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas (KPPBC TMP Tanjung Emas) untuk melakukan studi lapangan pada hari Rabu, 6 Desember 2017 bertempat di ruang pendidikan KPPBC TMP Tanjung Emas.

Studi lapangan tersebut dimaksudkan agar para taruna APN memahami kepabeanan dan cukai lebih mendalam. “Sebelumnya kami sudah mengajarkan tentang kepabeanan dan cukai ini di semester 3, Pak” ujar Widodo, salah satu dosen pembimbing kepada Yendra Robi (Kepala Subseksi Penyuluhan) yang memberi materi saat itu.

Yendra Robi beserta tim penyuluhan yang beranggotakan Qadaffi dan Hening menyampaikan materi-materi dasar pengenalan Bea dan Cukai kepada para taruna. Para taruna yang berjumlah 143 orang tersebut terlihat antusias dan penuh semangat seperti khasnya taruna pada umumnya.

Setelah dilaksanakan studi lapangan tersebut diharapkan agar para taruna lebih memahami lagi tentang Bea dan Cukai bukan hanya melalui media buku dan tatap muka dengan dosen, namun juga melalui interaksi langsung dengan pejabat Bea dan Cukai.