Semarang (10/4/2019) – Bea Cukai Tanjung Emas melangsungkan Apel Luar Biasa berkaitan dengan Integritas sesuai dengan instruksi Direktur Jenderal Bea dan Cukai di halaman parkir kantor Bea Cukai Tanjung Emas Rabu, (20/4/2019). Acara dimulai dengan pembacaan sikap dasar DJBC dilanjutkan dengan penyampaian amanat oleh pembina apel, Tjertja Karja Adil, Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas.

Dalam amanatnya Tjertja menekankan bahwa, “Salah satu faktor utama yang menentukan kemajuan suatu bangsa adalah bahwa bangsa tersebut dengan rakyatnya di dalamnya mempunyai budaya yang luhur dan berintegritas”.

Suatu organisasi akan menjadi maju, kemudian stabil, dan berkembang kalau budaya organisasinya, khususnya integritasnya di atas rata-rata. Salah satu metode meningkatkan integritas yaitu dengan pembinaan mental pegawai.

Bimbingan mental ini sama kedudukannya dengan bimbingan teknis, sama kedudukannya dengan bimbingan fisik, sama kedudukannya dengan bimbingan bimbingan positif lainnya, sehingga merupakan mandatory dan bukan pilihan.

Acara ini diharapkan bukan hanya bersifat seremonial belaka, namun dapat mewujudkan sikap dasar DJBC sebagai dasar untuk menjalankan tugas negara dan bermasyarakat.