Semarang (06/11/2019) – Mengasah kemampuan Kepabeanan di bidang Pelayaran dan Pelabuhan, Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta berkunjung ke Bea Cukai Tanjung Emas sebagai salah satu instansi yang mengawasi keluar masuknya barang di Kawasan Pabean Pelabuhan Internasional Tanjung Emas. Kunjungan ini dilaksanakan pada hari selasa (5/11) di Aula Kantor Bea Cukai Tanjung Emas.

Kegiatan rutin tiap tahun yang dilaksanakan oleh APN Surakarta ini merupakan bentuk dari  kunjungan kerja untuk mempelajari langsung Mata Kuliah Kepabeanan yang sudah diajarkan di kampus. “Kunjungan ini sudah ke-6 kalinya kami menjalin kerja sama dengan Bea Cukai Tanjung Emas. Semoga sinergi ini dapat terus dijaga.” Ungkap Supriyanta, Kepala Program Studi dari APN Surakarta.

Dosen pembimbing, taruna dan taruni APN Surakarta ini disambut oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Heru Purwedi Sembiring dengan penjelasan singkat terkait peran Bea Cukai dalam mengawasi lalu lintasi barang ekspor dan impor “Kami sangat berterimakasih atas kunjungannya, karena kami bisa menyalurkan ilmu kepada seluruh taruna dan taruni untuk nanti menghadapi dunia kerja, jika nanti berlayar akan berhadapan dengan banyak instansi termasuk Bea Cukai”.

Materi pengenalan Bea Cukai disampaikan oleh Kasubsi Layanan Informasi, Rina Indrati, kemudian dilanjutkan penyampaian wewenang Bea Cukai dalam Pengawasan oleh Kasubsi Penyuluhan, Ade Novan Sagita.

Acara dibuka dengan kuis menarik dan yel-yel bersama, ditutup dengan tanya jawab untuk membahas study kasus yang saat ini menarik untuk dibahas terutama terkait pengawasan lalu lintas barang ekspor dan impor di pelabuhan. Diharapkan dengan pemberian materi kepabeanan kepada mahasiswa dapat menambah wawasan mereka tentang pelayanan dan pengawasan yang dilakukan oleh Bea Cukai.